Kerjasama dengan YABB, Lazismu Salurkan Paket Sembako

23/11/2020

JAKARTA SELATAN - Lazismu Pusat bersama Yayasan Anak Bangsa Bisa (YABB) membagikan 125 paket sembako di Perguruan Muhammadiyah Tebet Timur dan Perguruan Muhammadiyah Kebayoran Lama, Minggu (22/11).

Penyerahan bantuan di Tebet Timur dilaksanakan oleh Lazismu Jakarta Selatan dan KL Lazismu Tebet Timur. Sementara di Kebayoran lama, penyerahan dilaksanakan oleh Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Kebayoran Lama dan Pimpinan Daerah Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PD IPM) Jakarta Selatan.

125 paket ini dibagikan ke driver ojol dan pekerja non formal lain yang terdampak pandemi seperti security sekolah, marbot masjid, pedagang, dan lain-lain. Paket berisi 4 liter beras, teh celup, minyak goreng, dan sarden.

Muhammad Iqbal, Wakil Ketua Lazismu Jakarta Selatan sekaligus Bendahara PDM Jakarta Selatan menuturkan bahwa mitra Gojek yang mendapatkan bantuan merasa sangat bersyukur. 

"Pemasukan driver selama pandemi kan menurun. Tidak seperti sebelum pandemi. Pemberian sembako ini sedikit banyak bisa membantu mereka, paling tidak untuk bahan pangan selama beberapa hari. Untuk mencukupi kebutuhan keluarga di rumah," jelasnya kepada Lazismu.org.

Ia menyebut, kegiatan seremonial diadakan secara sederhana berisi penjelasan program dan penjelasan sembako. Seremonial tidak bisa berlangsung lama karena mayoritas penerima adalah driver Ojol yang harus segera kembali bekerja. Hal ini terjadi baik di Tebet Timur maupun Kebayoran Lama.

"Di Kebayoran Lama dihadiri oleh Pak Muhammad, Wakil Ketua PCM. Kalau di Tebet Timur ada saya," imbuh Iqbal.

Ia berharap agar paket-paket sembako bisa diprioritaskan untuk karyawan dan staff yang ada di Amal Usaha Muhammadiyah yang terdampak pandemi. "Ada security, marbot masjid, OB sekolah, guru honorer, dan staff lain yang ada di AUM juga harus diperhatikan agar bisa mendapatkan manfaat. Bagaimanapun mereka juga yang memajukan AUM kita," imbuhnya.

Kerjasama Lazismu dengan YABB yang merupakan bentukan platform digital Gojek ini sudah dilaksanakan sejak tiga bulan pertama pandemi. Kerjasama ini dilaksanakan dalam bentuk memberikan manfaat kepada masyarakat tedampak dengan memberikan bantuan berupa paket sembako.

Kerjasama untuk kedua kalinya dilaksanakan pada bulan November. Dalam hal ini, Lazismu akan menyalurkan 2.144 paket sembako senilai Rp. 220.000.000,- ke Sumatra Barat, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DKI Jakarta. Masing-masing provinsi akan mendapatkan 500 paket sembako. Sementara sisanya akan disalurkan ke penyandang disabilitas.

Nazhori Author, Manager Program Kemanusiaan dan Lingkungan Lazismu Pusat menyebut bahwa DKI, pada hari Minggu (22/11) menyalurkan sejumlah 125 paket terlebih dahulu, dan sisanya akan disalurkan secara bertahap.

"Penyaluran di Jakarta Selatan kemarin itu yang pertama kali disalurkan untuk gelombang kedua. Kita menunggu persiapan dari 3 provinsi lain untuk mendistribusikan 500 paket sembako kepada penerima manfaat," jelasnya melalui saluran telepon.

Ia menyebut bahwa Lazismu bersama mitra, baik di internal Muhammadiyah maupun diluar Muhammadiyah, akan terus memberikan bantuan kepada siapapun yang membutuhkan, khususnya yang terdampak pandemi. (Yusuf)