Lazismu Jembrana Bali Tetap Selenggarakan Jumat Barokah Meski Minoritas

09/10/2020

JEMBRANA - Pada hari Jumat (9/10), Lazismu Kabupaten Jembrana, Bali kembali menggelar kegiatan Jumat Barokah yang sudah berjalan sejak 2018. Jumat Barokah adalah kegiatan membagikan nasi kepada jamaah salat Jumat yang akhir-akhir ini menjamur di berbagai daerah.

Kegiatan ini dilaksanakan di Masjid An-Nur Muhammadiyah Jembrana. Masjid ini adalah satu-satunya masjid milik Muhammadiyah di Kabupaten Jembrana, dan terletak di tengah-tengah mayoritas masyarakat Hindu.

Jumat Barokah sempat terhenti karena pandemi pada bulan Maret 2020, namun bisa diadakan kembali pada mulai bulan Juli 2020 hingga sekarang. Jumat Barokah adalah salah satu bentuk dakwah yang dilakukan oleh Lazismu, agar jamaah yang telah selesai melaksanakan salat Jumat bisa saling bersilaturahmi di masjid. Mengingat jamaah yang ikut salat Jumat berasal dari berbagai daerah yang jauh.

Ni Luh Putu Yunita Prihatini, Manajer Pelaksana Lazismu Jembrana, mengatakan bahwa jamaah yang berasal dari daerah yang jauh biasanya memakan makanan Jumat Barokah langsung di masjid sambil bersilaturahmi karena banyak di antara mereka yang saling bertemu hanya sekali setiap salat Jumat saja. Sementara itu, jamaah yang dekat dengan masjid lebih sering membawa makanan pulang ke rumah.

“Bisa mempererat persaudaraan di antara sesama. Karena warga Muhammadiyah di Jembrana ini minoritas. Dari 30% umat Islam, Muhammadiyah hanya sekian persen saja. Kelurahan tempat masjid kami mayoritasnya Hindu,” ujarnya melalui sambungan telepon.

Yunita mengatakan bahwa makanan yang dibagikan oleh Lazismu Jembrana meliputi nasi bungkus, nasi kotak, buah-buahan, kue, kacang, keripik, air minum, es teh, sirup, dan makanan lainnya. Makanan tersebut selalu variatif dari satu Jumat ke Jumat yang lain. Jamaah yang juga menjadi donatur biasa memberikan berbagai jenis makanan.

Lazismu Jembrana rata-rata menghabiskan 100 porsi nasi bungkus. Masyarakat bersyukur karena Jumat Barokah dapat menjadi ajang silaturahmi. Yunita berharap agar Lazismu tetap istiqomah menjalankan amanah dari donator.

“Kami menerima sodaqoh dari berbagai pihak dari saudara-saudara kami yang lain. Apalagi kami juga sedang dalam masa pembangunan masjid untuk lantai 2. Nanti akan dilanjutkan sampai lantai 3,” imbuhnya. (Yusuf)