Longsor Nganjuk, MDMC - Lazismu Cekatan Membantu

15/02/2021

NGANJUK - Hujan yang terus mengguyur secara merata dengan intensitas curah hujan yang tinggi di Nganjuk sejak Minggu sore (14/2/2021) menyebabkan bencana banjir dan longsor di  Kabupaten Nganjuk Jawa Timur, pada Minggu petang (14/2).

Kecamatan yang terendam banjir tersebut yakni kecamatan Berbek, kecamatan Nganjuk, serta kecamatan Loceret. Ketinggian air banjir sekitar 1/2 sampai 1 meter hingga merendam ratusan rumah. Sehingga warga pun banyak yang mengungsi. 

Sementara itu, bencana longsor menimpa warga di Dusun Selopuro, Desa Ngetos, Kecamatan Ngetos, Kabupaten Nganjuk. Diketahui bahwa banyak warga mengalami luka-luka bahkan 18 orang warga dilaporkan hilang. Selain itu, banyak rumah warga dalam kondisi yang rusak berat. 

Respon MDMC - Lazismu Membantu Korban Longsor Nganjuk

Merespon bencana banjir dan longsor tersebut, Tim Lazismu-MDMC Kabupaten Nganjuk langsung bergerak dengan membantu melakukan evakuasi terhadap warga yang terdampak banjir dan longsor. Tim terjun langsung ke titik lokasi sekaligus membantu mendirikan Dapur Umum di sana. 

Menurut laporan dari tim Lazismu-MDMC Kabupaten Nganjuk yang ada di lapangan, saat ini diketahui mulai dari balita, anak-anak, dewasa, hingga lansia sudah berada di tempat pengungsian. 

Tim Lazismu-MDMC Kabupaten Nganjuk juga melaporkan bahwa kebutuhan mendesak yang sangat diperlukan para warga terdampak banjir dan longsor di Nganjuk saat ini adalah logistik, sembako, vitamin, obat-obatan, masker, hygiene kit, makanan siap saji, minuman, serta suplemen untuk para relawan.

Ketua Lazismu Jawa Timur Zainul Muslimin menyampaikan bahwa Lazismu Jatim mengirimkan bantuan berupa sembako, rangsuman makanan siap saji, pakaian layak serta sejumlah uang menyusul terjangan banjir bandang dan longsor di sejumlah wilayah Kabupaten Nganjuk.

“Selain dari Lazismu Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jatim, Lazismu Kabupaten Bojonegoro dan Lazismu Kabupaten Tulungagung ikut mengirimkan sejumlah bantuan ke Nganjuk,” ungkapnya.

Hari ini, Selasa (16/2) Lazismu Daerah di Karesidenan Madiun akan mengirimkan bantuan. Sedangkan Lazismu Balapan, di Karesidenan Besuki plus Lumajang, Probolinggo dan Pasuruan akan mengirimkan bantuan pada hari Rabu (17/2).

Tim Lazismu, lanjutnya, menyerahkan sejumlah bantuan bagi korban bencana di tiga kecamatan yakni Kecamatan Nganjuk, Kecamatan Loceret dan daerah korban longsor di Kecamatan Ngetos Kabupaten Nganjuk.

“Begitu ada informasi bencana kita langsung koordinasikan dengan Lazismu setempat untuk terjun kelapangan. Alhamdulillah teman-teman Lazismu Nganjuk juga sigap untuk terjun ke lokasi bencana,” ujarnya sebagaimana dilansir dari pwmu.

Reporter: Yusuf