MDMC dan Aisyiyah Lhokseumawe Salurkan Bantuan untuk Pengungsi dari Rohingya

18/03/2021

LHOKSEUMAWE - Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) kota Lhokseumawe menyerahkan bantuan berupa tas corak daun asli Ecoprint Aisyiyah, pakaian dalam serta alat pembalut kepada pengungsi dari Rohingya di Aceh, Sabtu (13/3).

Tas Ecoprint tersebut berjumlah 100 buah dan dijahit langsung oleh 'Aisyiyah. Pembuatan tas ecoprint tersebut adalah hasil kerja sama dengan Lazismu Lhokseumawe. 

Kain batik Ecoprint kini dikembangkan MDMC melalui wirausahaan Muhammadiyah/Aisyyah di Lhokseumawe.  Kerajian batik ecoprint ini diharapkan dapat menjadi salah satu produk alternatif masyarakat dalam memilih busana tradisi.

Ketua MDMC Lhokseumawe Abdul Gani Haitamy, SH, MH didampingi koordinator lapangan T. Saiful Basri serta relawan menyerahkan langsung kepada Muslimah rohingya di shelter BLK Kanda Muara dua pada selasa sore.

"Alhamdulillah langsung di serbu dan di bagikan kepada Muslimah rohingya. Mereka antusias dan senang melihat corak tas yang unik ini. Apalagi dibuat dengan bahan natural dari dedaunan sebagai coraknya," ujarnya.

Dilansir dari Suara Muhammadiyah, saat ini ada puluhan pengungsi asal Rohingya yang berada di camp pengungsian di Lhokseumawe. Mereka mendarat di perairan Aceh beberapa waktu lalu. 

Pengungsi asal Rohingya berdatangan ke Aceh melintasi lautan untuk mendapatkan perlindungan setelah mereka didzalimi pemerintah Miyanmar.

Di Aceh Utara pengungsi Rohingya mendapatkan pasokan logistik dari masyarakat disana, termasuk Muhammadiyah melalui MDMC. 

Reporter: Yusuf