Terdampak Tanah Bergerak, Lazismu Purbalingga Bagikan Rendangmu

10/12/2020

PURBALINGGA - Pada hari Minggu (6/12) Lazismu Purbalingga memulai pendistribusian 816 kaleng Rendangmu yang diberikan oleh Lazismu Jawa Tengah.

Kaleng Rendangmu dibagikan kepada masyarakat terdampak bencana, baik terdampak covid-19, banjir, maupun tanah bergerak di Desa Tumanggal Kecamatan Pengadekan, Kabupaten Purbalingga.

Menurut keterangan Andi Pranowo, Manajer Lazismu Purbalingga, proses pendistribusian masih berlangsung hingga hari ini.

"Kita bagikan ke tenaga medis di PKU Muhammadiyah Purbalingga, beberapa Amal Usaha Muhammadiyah yang terdampak covid-19, ada juga Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) yang terdampak," jelasnya ketika dihubungi oleh lazismu.org.

Andi menjelaskan bahwa di Desa Tumanggal terjadi tanah bergerak yang mengakibatkan 67 rumah yang rusak dan 728 jiwa. Setiap hari tanah bergerak sepanjang 5 cm sehingga terjadi tanah longsor. 

Di Desa Tumanggal, Lazismu juga membagikan paket sembako, pakaian baru, mukena, air mineral, dan logistik makanan.

"Kita salurkan ke posko disana sejak terjadi tanah bergerak kira-kira dua minggu yang lalu. Kebetulan MDMC dan Lazismu sudah mendirikan posko layanan untuk penanggulangan bencana dan penghimpunan logistik," imbuhnya.

Posko tersebut masih aktif memberikan bantuan hingga saat ini. "Korban di Tumanggal belum pulih dan nampaknya prosesnya masih panjang," jelasnya.

Ia berharap agar masyarakat yang terdampak bencana merasakan kepedulian dari warga sekitar dan Lazismu. Ia juga berharap agar masyarakat yang tidak terdampak dapat turut membantu melalui donasi di Lazismu. (Yusuf)