ALOKASIKAN DANA KONSUMEN, LAZISMU GANDENG ALFAMIDI BANGUN MASJID DI BUDURAN SIDOARJO

Ditulis oleh Doddy
16:31, 07/11/2021
Cover ALOKASIKAN DANA KONSUMEN, LAZISMU GANDENG ALFAMIDI BANGUN MASJID DI BUDURAN SIDOARJO
KABUPATEN SIDOARJO -- Kerjasama yang dijalin Lazismu bersama mitra melalui berbagai program untuk kemaslahatan masyarakat menunjukkan kepercayaan publik kepada Lazismu dalam pengelolaan dana umat. Sebagai salah satu mitra Lazismu, PT. Midi Utama Indonesia, Tbk. (Alfamidi) telah memercayakan dana yang dihimpun dari donasi kembalian pelanggan Alfamidi kepada Lazismu untuk disalurkan, salah satunya dalam program pembangunan masjid.

Kerjasama Lazismu dan Alfamidi diwujudkan dalam pembangunan sebuah masjid di Jalan Lingkar Timur Siwalanpanji, Kecamatan Buduran, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Peletakan batu pertama pembangunan Masjid Ar-Rayyan yang berada di tengah-tengah komplek Gedung Dakwah Muhammadiyah ini dilakukan pada Sabtu (06/11), dihadiri oleh Direktur Utama Lazismu Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah M. Sabeth Abilawa, Ketua Badan Pengurus Lazismu Wilayah Jawa Timur Zainul Muslimin, Branch Manager PT. Midi Utama Indonesia, Tbk. Cabang Pasuruan Purwandi dan tim, Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Buduran, Sekretariat Daerah Kabupaten Sidoarjo, anggota DPRD Sidoarjo, serta Lurah Siwalapanji.

Purwandi, Branch Manager PT. Midi Utama Indonesia, Tbk. Cabang Pasuruan menyampaikan bahwa dana yang dialokasikan untuk pembangunan masjid ini senilai 1,5 miliar rupiah. "Lazismu merupakan lembaga pengelola dana donasi konsumen Alfamidi bulan September sampai dengan Desember 2020 dengan total raihan donasi konsumen Rp 3.081.740.626,-. Sebagian dana ini yaitu Rp. 1,5 miliar dialokasikan untuk membangun Masjid Ar Rayyan ini," terang Purwandi.

GM License PT. Midi Utama Indonesia, Tbk., Agus Toto Geneffian menambahkan, masjid ini adalah masjid kedua yang dibangun dari dana donasi konsumen Alfamidi. "Sungguh pencapaian yang sangat luar biasa bagi kami keluarga besar Alfamidi karena sebagian donasi konsumen yang dikelola oleh Lazismu dapat dialokasikan untuk pembangunan Masjid Ar-Rayyan dan menelan dana sekitar Rp 1,5 miliar. Ini adalah masjid kedua yang dibangun dari dana donasi konsumen Alfamidi. Yang pertama dan masih tahap pembangunan ada di Kabupaten Bandung dengan anggaran Rp. 1,5 miliar dan diharapkan mampu menampung 1.000 jamaah," imbuhnya.

Agus berharap agar pembangunan Masjid Ar-Rayyan ini berjalan dengan lancar sampai dapat dipergunakan untuk beribadah bagi umat muslim sehingga pahala dari para donatur konsumen Alfamidi dapat terus mengalir. Ia kemudian mengucapkan terima kasih kepada seluruh konsumen Alfamidi dan Lazismu. "Terima kasih kepada seluruh konsumen Alfamidi atas partisipasinya dalam donasi konsumen sisa uang kembalian di toko-toko Alfamidi di seluruh Indonesia. Terima kasih juga saya haturkan kepada teman-teman Lazismu sebagai pengelola dana donasi konsumen Alfamidi. Sekedar informasi, untuk bulan November dan Desember 2021 ini Lazismu juga dipercaya untuk mengelola donasi konsumen Alfamidi," tutupnya.

Edi Muktiono, Direktur Penghimpunan Lazismu PP Muhammadiyah mengungkapkan, rencana pembangunan Masjid Ar-Rayyan ini sudah lama dibicarakan dengan pihak Alfamidi, namun eksekusinya baru dilakukan pada bulan November 2021 ini. Edi berharap, Masjid Ar-Rayyan dapat selesai dalam waktu 6 bulan ke depan atau di bulan April 2022. "Harapan kami Ramadhan tahun depan sudah dapat digunakan oleh masyarakat. Oleh karenanya kami mohon doa restu kepada masyarakat agar proses pembangunan Masjid Ar-Rayyan ini dapat dilancarkan oleh Allah SWT," harapnya.

Sekedar informasi, sepanjang tahun 2020 Alfamidi berhasil mengumpulkan donasi konsumen sebanyak Rp 8.506.326.301,-. Sebagian dana tersebut telah disalurkan untuk bantuan kepada masyarakat terdampak pandemi Covid-19 di berbagai wilayah di Indonesia seperti penyaluran paket sembako, makanan siap santap, bantuan sarana operasional (gerobak) untuk pedagang, bantuan bencana, dan sebagainya.

[PR Lazismu PP Muhammadiyah]