JAGA KESEHATAN WARGA PADA BULAN RAMADHAN, LAZISMU GELAR CEK KESEHATAN GRATIS

Ditulis oleh Doddy
12:11, 11/05/2022
Cover JAGA KESEHATAN WARGA PADA BULAN RAMADHAN, LAZISMU GELAR CEK KESEHATAN GRATIS
KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH -- Cek kesehatan gratis digelar di Masjid Mujahidin, Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah pada Jumat (29/04). Kegiatan ini diinisiasi oleh Lazismu Kabupaten Hulu Sungai Tengah dan sudah dilaksanakan sejak awal bulan April secara rutin setiap pekan pada hari Jumat selama bulan Ramadhan. Cek kesehatan yang dilakukan pada saat selesai sholat subuh berjamaah ini mendapat perhatian dari warga, khususnya jamaah masjid tersebut.

Wakil Sekretaris Badan Pengurus Lazismu Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Abdul Wahab yang juga menjadi penanggung jawab kegiatan tersebut menyampaikan bahwa pada bulan Ramadhan, warga perlu terus menjaga kesehatan. "Di bulan Ramadhan ini khususnya kalau berbuka puasa makan makanan yang banyak, yang mengandung gula, tentu dapat mengundang penyakit gula darah. Program ini guna memfasilitasi jamaah untuk memeriksa kesehatannya," terangnya.

Wahab juga menyampaikan bahwa untuk pelaksanaan kegiatan tersebut dibantu oleh para relawan medis. "Untuk tim pemeriksa kami dibantu para relawan yang berlatar belakang sebagai tenaga medis seperti dokter dan perawat," ujarnya.

Terakhir, Wahab mengharapkan agar para jamaah dapat menjaga kesehatan, baik pada saat Ramadhan maupun setelah Ramadhan usai. "Mudah-mudahan jamaah Masjid Mujahidin Barabai dapat lebih menjaga kesehatan selama bulan Ramadhan maupun di luar Ramadhan agar selalu fit dalam beribadah," tutupnya.

dr. Muhammad Azhar Basyir, salah seorang relawan yang turut mendukung kegiatan tersebut menyampaikan, untuk jumlah yang dilayani cukup banyak kurang lebih 30 orang kadang bahkan harus mengantri. Di antara para jamaah ada yang hanya berkonsultasi, ada pula yang mendapatkan pemeriksaan. "Untuk pelayanan yang dilakukan beragam, mulai dari hanya berkonsultasi, pemeriksaan tekanan darah, kadar gula darah, asam urat, dan kolesterol," ungkapnya.

Kegiatan ini bertujuan untuk memfasilitasi warga dalam mengontrol kesehatan, baik jamaah Masjid Mujahidin Barabai maupun masyarakat di sekitarnya. Program ini termasuk dalam program Peduli Kesehatan yang berada di dalam Pilar Kesehatan Lazismu.

[PR Lazismu PP Muhammadiyah/Muhammad Nashir]