Lazismu Kalteng Salurkan ZIS 100 Juta Rupiah Melalui Pilar Ekonomi, Dakwah, dan Pendidikan

Ditulis oleh jf
23:33, 02/03/2021
Cover Lazismu Kalteng Salurkan ZIS 100 Juta Rupiah Melalui Pilar Ekonomi, Dakwah, dan Pendidikan

PALANGKARAYA - Lazismu Wilayah Kalimantan Tengah menggelar tasyaruf atau penyaluran zakat, infaq, dan sodaqoh di Aula Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalteng, Sabtu (27/2).

Kurniawan, Direktur Eksekutif Lazismu Kalimantan Tengah melaporkan bahwa ZIS Lazismu tersebut disalurkan kepada penerima manfaat melalui tiga pilar. Antara lain pilar pendidikan, dakwah, dan ekonomi.

Pilar pendidikan disalurkan kepada tenaga didik dan pelajar, dan dibagi dalam tiga program. Antara lain beasiswa mentari untuk siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) dan Taman Kanak-Kanak (TK), Beasiswa Sang Surya untuk mahasiswa S1 dan S2, dan Peduli Guru.

"Beasiswa Mentari sebesar Rp. 10.080.000,-, Beasiswa Sang Surya sebesar Rp. 9.500.000,-, dan Peduli Guru sebesar Rp. 23.000.000,-," ujarnya sebagaimana diwartakan oleh menara62.

Sementara itu, dalam pilar ekonomi, Lazismu Kalteng menyalurkan melalui program pengembangan UMKM. Dalam program ini Lazismu memberikan pinjaman modal dana bergulir untuk membantu pembangunan warung di Masjid Muhammadiyah yang terletak di Jl. Tjilik Riwut KM. 55. Bantuan yang diberikan sebesar Rp. 10.000.000,-.

Menurut keterangan Kurniawan, dalam pilar dakwah, Lazismu Kalteng memberikan bantuan untuk pembangunan gedung Muhammadiyah Boarding School dan Panti Asuhan Muhammadiyah. Masing-masing diberikan bantuan sebesar Rp. 12.500.000,-.

"Program-program itu dilaksanakan selama satu tahun, dengan target sebesar seratus juta rupiah. Saya berikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh donatur yang mempercayai Lazismu untuk mengelola ZISnya," ujarnya.

Ia berharap agar Lazismu Kalteng mampu menjadi pelopor dalam melakukan kegiatan-kegiatan sosial di Kalimantan Tengah. Ia juga berharap Lazismu Kalteng semakin dipercaya dan berguna bagi kepentingan seluruh masyarakat.

H. M. Zuhri, Sekretaris Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Kalteng menyebut bahwa kegiatan sosial yang dilakukan oleh Muhammadiyah adalah ruh Persyarikatan Muhammadiyah. Dengan dorongan spirit Al-Maun, Muhammadiyah tiada henti memberi manfaat dan hadir untuk menjadi solusi bagi negeri.

Menurutnya, apa yang dilaksanakan oleh Lazismu Kalimantan Tengah adalah kegiatan yang mulia. Hal tersebut menjadi wujud keimanan terhadap Alquran.

"Kegiatan seperti ini sudah dimulai oleh Kiai Dahlan. Ini merupakan pelaksanaan dari surat Al-Maun," ujarnya.

Reporter: Yusuf