Lazismu PP Muhammadiyah Bagikan Takjil di Rutan

Ditulis oleh berita
10:31, 27/04/2021
Cover Lazismu PP Muhammadiyah Bagikan Takjil di Rutan
LAZISMU.ORG - Lazismu Pimpinan Pusat Muhammadiyah membagikan takjil gratis kepada narapidana di Rutan Salemba, Jakarta.

Pembagian takjil di Rutan tersebut dimulai sejak hari Senin (26/4) sampai hari Jumat (30/4). Setiap hari, Lazismu Pusat membagikan 100 paket takjil.

Menurut keterangan Tatang Ruchiyat, Divisi Sosial Dakwah Program Ramadhan Lazismu Pusat, sebelumnya pihak Rutan Salemba mengajukan permohonan kepada Lazismu Pusat.

"Selain ke narapidana, kita juga bagikan ke tenaga kesehatan di beberapa rumah sakit dan ke komunitas difabel. Nanti awal Mei kita ke komunitas difabel," ujar Tatang ketika dihubungi Lazismu.org.

Tatang menjelaskan bahwa Lazismu Pusat juga membagikan takjil di beberapa titik, misalnya di Masjid Al Anwar Tanjung Lengkong, Bidara China, Yayasan Darul Hidayah Tangerang Selatan, dan lain-lain.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, sepanjang bulan Ramadhan, sejak tanggal 19 April 2021, Lazismu Pimpinan Pusat Muhammadiyah membagikan 900 bungkus takjil setiap hari di Jakarta dan Yogyakarta.

Masing-masing totalnya 450 bungkus dibagikan di Jakarta, 450 bungkus dibagikan di Yogyakarta. Takjil yang dibagikan adalah nasi box yang dibeli dari UMKM binaan Lazismu yang dulu pernah dibantu melalui program UMKM.

Falhan Nian Akbar, Manager Program Lazismu Pusat menyebut bahwa sepanjang Ramadhan, Lazismu memiliki 4 program utama, yaitu UMKM, Kado Ramadhan, Bakti Guru, dan Back to Masjid.

Kado Ramadhan memiliki beberapa kegiatan turunan, antara lain Sebar Takjil, Santunan Yatim, Santunan Lansia, Santunan Muallaf, Bakti Guru, Lebaran Mengabdi, Da'i Mengabdi, Paket Sembako, serta penyaluran zakat fitrah dan fidyah.

Selain Lazismu Pusat, geliat untuk membagikan takjid juga muncul di berbagai daerah di Indonesia melalui Lazismu setempat masing-masing. Antara lain di Bantul, Pekanbaru, Banyumas, Tangerang, Pulang Pisau, NTT, Pasuruan, Aceh Barat, dan beberapa tempat yang lain.

Reporter: Yusuf