LEWATI PROSES SELEKSI, MAHASISWA UMLA TERIMA BEASISWA PENDIDIKAN LAZISMU

Ditulis oleh Doddy
08:53, 22/10/2021
Cover LEWATI PROSES SELEKSI, MAHASISWA UMLA TERIMA BEASISWA PENDIDIKAN LAZISMU
KABUPATEN LAMONGAN -- Program beasiswa menjadi andalan Kantor Layanan (KL) Lazismu berbasis Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) bidang pendidikan. Seperti halnya yang dilakukan oleh KL Lazismu Universitas Muhammadiyah Lamongan (UMLA). Beragam beasiswa diberikan untuk mahasiswa UMLA oleh Kantor Layanan Lazismu yang berada di Jl. Raya Plalangan Plosowahyu KM. 3 Lamongan, Jawa Timur tersebut.

Penyerahan beasiswa pendidikan berlangsung pada Senin (11/10) di Masjid Ki Bagus Hadikusumo, UMLA. 20 orang mahasiswa penerima manfaat mendapatkan bantuan yang diberikan setiap satu tahun sekali selama dua semester. Untuk mendapatkannya, mereka harus melewati berbagai tahapan seleksi yang dijalankan oleh para pengurus KL Lazismu UMLA agar bantuan tersebut benar-benar tepat sasaran dan berdaya guna.

Acara penyerahan beasiswa tersebut dihadiri oleh Rektor UMLA Abdul Aziz Alimul Hidayat, Wakil Rektor (Warek) 1 Masram, Warek 2 Alifin, serta Warek 3 Bakri Priyodwi. Selain itu juga hadir Ketua Ta’mir Masjid Ki Bagus Hadikusumo Qhuby Mulyono, Kepala KL Lazismu UMLA Tataq Satria Praja, para dosen UMLA, dan para mahasiswa. Beasiswa yang diserahkan yaitu Beasiswa Kader, Beasiswa Kurang Mampu, serta Beasiswa Hafidz Qur’an. Setelah prosesi penerimaan beasiswa, para mahasiswa yang menjadi penerima manfaat kemudian menandatangani surat pernyataan dari KL Lazismu UMLA.

Kepala KL Lazismu UMLA, Tataq Satria Praja menerangkan bahwa beasiswa tersebut diberikan oleh KL Lazismu UMLA setiap tahun ajaran baru, yaitu satu tahun sekali selama dua semester. "Adapun mekanismenya yang pertama, kami umumkan melalui Program Studi (Prodi) serta Lembaga Informasi dan Komunikasi (Lesikom) untuk mahasiswa baru. Kedua, penyerahan berkas mahasiswa sesuai dengan syarat dalam pengumumam. Ketiga, seleksi administrasi. Keempat, wawancara, dan yang kelima, pengumuman penerima beasiswa," terangnya.

Ia kemudian berharap, beasiswa KL Lazismu UMLA ini dapat membantu mahasiswa untuk terus melanjutkan kuliah, khususnya bagi mereka yang kurang mampu. "Kepada para penerima beasiswa, kami berharap agar menggunakan uang tersebut untuk kegiatan perkuliahan, sehingga semakin termotivasi. Kedua, doakan para donatur khususnya para dosen dan tenaga kependidikan di UMLA, karena ini semua adalah amanah dari mereka untuk kami sampaikan," harapnya. Tataq juga menyampaikan terima kasih dan mewajibkan para penerima beasiswa untuk memberikan kontribusi kepada UMLA.

Mohammad Muzaki selaku salah satu penerima beasiswa mengungkapkan rasa syukur akan berusaha memberikan kontribusi bagi UMLA. "Alhamdulillah bersyukur dapat beasiswa dari Lazismu UMLA. Saya merasa ini sekaligus amanah. Karena ini adalah uang umat, sehingga sebisa mungkin saya harus mengembalikannya untuk umat dalam wujud kontribusi dan kebermanfaatan," tegasnya.

Mahasiswa Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) ini juga berkomitmen untuk terus aktif dalam Organisasi Mahasiswa (Ormawa) UMLA serta berjuang di perkaderan. "Hal itu sebagai wujud pengabdian saya sebagai mahasiswa dan sebagai bagian dari persyarikatan, sekaligus sebagai kader IMM. Insya Allah saya akan terus memberikan karya baik di dalam akademik maupun aktifitas kesosialan," ungkapnya.

Beasiswa pada pendidikan tinggi atau biasa dikenal dengan Beasiswa Sang Surya Lazismu bertujuan untuk meningkatkan akses pendidikan lanjut yang berkualitas, dengan memberikan kesempatan generasi muda berprestasi namun menghadapi kendala ekonomi agar menempuh pendidikan tinggi yang berkualitas. Program ini memiliki peranan penting dalam pendidikan, terutama di tengah situasi pandemi ini.

[Public Relation Lazismu PP Muhammadiyah]