PEDULI PENGENTASAN BUTA AKSARA, LAZISMU BANTU RENOVASI BALAI PENGAJIAN DI KABUPATEN BIREUEN

Ditulis oleh Doddy
20:08, 28/07/2022
Cover PEDULI PENGENTASAN BUTA AKSARA, LAZISMU BANTU RENOVASI BALAI PENGAJIAN DI KABUPATEN BIREUEN
KABUPATEN BIREUEN -- Komitmen terhadap pendidikan kembali ditunjukkan oleh Lazismu Kabupaten Bireuen. Kali ini bantuan diberikan untuk perbaikan balai pengajian yang merupakan fasilitas pendidikan sebagai sarana pendukung dalam kegiatan belajar mengajar. Bantuan tersebut diserahkan oleh Ketua Badan Pengurus Lazismu Kabupaten Bireuen pada Selasa (26/07).

Balai pengajian yang berada di Gampong Sangso, Kecamatan Samalanga, Kabupaten Bireuen tersebut dikelola oleh Pimpinan Cabang Aisyiyah (PCA) Samalanga. Di tempat ini, ibu-ibu Aisyiyah mengajarkan baca tulis Al-Qur'an kepada warga setempat. Harapannya, kelak tak ada lagi warga yang buta huruf dan tidak bisa membaca atau menulis Al-Qur'an. Bantuan yang diberikan oleh Lazismu Kabupaten Bireuen senilai lima juta rupiah untuk perbaikan balai pengajian agar sarana pendidikan ini dapat nyaman digunakan.

Ketua Badan Pengurus Lazismu Kabupaten Bireuen, Fajar Ardiansyah menyebutkan, kepedulian pihaknya dalam dunia pendidikan ditunjukkan melalui bantuan ini. "Bulan Juli Lazismu Bireuen kembali mentasyarufkan bantuan uang tunai untuk renovasi balai pengajian yang dikelola ibu Aisyiyah Samalanga, Desa Sangso. Bantuan senilai lima juta rupiah merupakan wujud kepedulian Lazismu Bireuen dalam mengentaskan buta huruf baca Al-Qur'an," ujarnya.

Menurut Fajar, program yang sudah berjalan beberapa kali ini mendapat sambutan antusias dari ibu-ibu PCA Samalanga. Serah terima bantuan pun dilakukan oleh pihaknya secara langsung kepada Ketua PCA Samalanga yaitu Aisyiah. Fajar juga berharap agar kerja sama antara ortom dengan Lazismu Kabupaten Bireuen dapat lebih erat. "Ortom di tingkat kecamatan maupun ranting adalah stake holder yang paham betul kondisi di lingkungannya masing-masing," ungkapnya.

Fajar pun mengajak berbagai pihak untuk terus berkoordinasi dengan Lazismu Kabupaten Bireuen. "Jika terdapat sesuatu, dalam hal ini orang pribadi atau lembaga yang perlu dibantu maka segera berkoordinasi dengan Lazismu Bireuen agar segera teratasi. Ke depan Lazismu Bireuen akan berkembang sekaligus dalam ranah dakwah melalui kegiatan sosial, khususnya di seluruh daerah Kabupaten Bireuen," ajaknya.

Sementara itu, Aisyiah selaku Ketua PCA Samalanga mengungkapkan rasa syukur atas bantuan yang diberikan. Ia menambahkan, Lazismu Kabupaten Bireuen sebelumnya juga telah memberikan bantuan berupa mushaf Al-Qur'an. "Kami berharap bantuan semacam ini banyak dilakukan, terutama untuk balai tempat belajar Al-Qur'an yang ada di Kecamatan Samalanga. Alhamdulillah dulu Lazismu Bireuen juga telah membantu Al-Qur'an pada seratusan santri kami," pungkasnya.

[PR Lazismu PP Muhammadiyah/Fajar Ardiansyah]