Penghujung Ramadan, Lazismu Tangsel Beri Kado Ramadhan Penggali Kubur

Ditulis oleh berita
07:15, 15/05/2021
Cover Penghujung Ramadan, Lazismu Tangsel Beri Kado Ramadhan Penggali Kubur
TANGERANG - Sebagai bentuk rasa kepedulian dan kepekaan terhadap kondisi masyarakat yang terkena dampak pandemi, Lazismu memberikan 300 paket kado Ramadhan menjelang perayaan Hari Raya Idul Fitri 2021. 

"Dalam kondisi pandemi saat ini, warga persyarikatan harus peka terhadap masyarakat di sekitarnya, apalagi di bulan penuh berkah ini menjadi ladang amal ibadah bagi muslimin," kata Direktur LazisMu PP Muhammadiyah Sabeth Abilawa saat memberikan kado Ramadhan secara simbolis di gedung Dakwah PDM, 12 Mei 2021.

Dalam kesempatan tahun ini, Lazismu Tangsel mendistribusikan sebanyak 300 paket kado Ramadhan dengan diiringi pemberian zakat fitrah. Program kado Ramadhan menyasar kepada yatim piatu, dhuafa, lansia dan penggali atau perawat pemakaman.

"Alhamdulillah, Lazismu tangsel mendapatkan kepercayaan dari para donatur untuk mendistribusikan paket kado ramadhan kepada masyarakat tangsel salah satunya kepada mereka  profesi penggali dan perawat kubur," ujar Ketua Lazismu Tangsel, H. Eko Purwanto.

Selain yatim piatu dan dhuafa, Eko menambahkan kado Ramadhan kali ini juga diberikan kepada si penggali kubur atau kuncen makam. Menurutnya, mereka dalam kondisi pandemi saat ini, jasa serta tenaga diperlukan untuk memakamkam jenazah pasien covid-19. Selain itu, mereka inilah yang setia merawat lokasi pemakaman sehingga kondisinya tetap bersih dan terjaga. 

"Dari mereka kita juga mendapatkan pelajaran, bahwa sekecil apapun itu pekerjaan bisa menjadi mulia dan bernilai ibadah sekaligus mengingatkan kita kepada tahapan kematian," ujar Eko yang juga dosen komunikasi di FISIP UMJ.

Kado Ramadhan Lazismu disambut positif oleh para penggali kubur karena suasana ini jarang mereka dapatkan dalam momen idul fitri atau hari raya lebaran sebelumnya.

"Tahun kemarin nggak ada, paling juga infaq dari pengunjung makam aja. Terima kasih Lazismu atas kado Ramadhannya, semoga semakin berkah buat para donatur dan amilnya," ungkap, kharis, salah satu penggali makam.