PROGRAM MASJID TANGGUH LAZISMU BANTU TINGKATKAN KENYAMANAN BERIBADAH

Ditulis oleh Doddy
22:00, 04/05/2022
Cover PROGRAM MASJID TANGGUH LAZISMU BANTU TINGKATKAN KENYAMANAN BERIBADAH
KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH -- Program Masjid Tangguh merupakan program Ramadhan 1443 H yang diturunkan dari Lazismu Pimpinan Pusat Muhammadiyah untuk masjid atau mushola yang membutuhkan. Lazismu Kabupaten Hulu Sungai Tengah melalui Kantor Layanan (KL) Lazismu Ash Shalihin Haruyan melaksanakan program ini di dua mushola yang berada di Desa Lokbuntar, Kecamatan Haruyan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Adapun mushola yang menjadi penerima manfaat program ini adalah Mushola Aisyiyah dan Mushola Al Husna. Masjid Tangguh juga berada di bawah Pilar Sosial Dakwah Lazismu, yaitu program bantuan kepada masjid/mushola dalam rangka pencegahan penularan Covid-19, menambah perlengkapan sarana ibadah untuk jamaah, dan meningkatkan kesadaran hidup bersih dan sehat masjid.

Penyerahan bantuan dilakukan oleh Fikri Cahyadi selaku Kepala KL Lazismu Ash Shalihin pada Kamis-Jumat (21-22/04) kepada Humaidi, perwakilan takmir mushola yang disaksikan oleh para jamaah dan amil Lazismu. Bantuan ini diberikan kepada mushola tersebut berdasarkan pengajuan dari pengelola mushola yang juga melaporkan kondisi mushola yang saat menjalankan ibadah jamaah merasa kepanasan.

"Melalui takmir mushola kami mendengar bahwa mushola ini mengalami kekurangan sarana kipas angin. Akibatnya pada saat beribadah jamaah kadang merasa kepanasan," terang Fikri.

Fikri menyampaikan pula, program Masjid Tangguh ini adalah bagian dari program Ramadhan yang dijalankan Lazismu. "Masjid tangguh ini salah satu program yang kami laksanakan. Ada pula program Takjil Tangguh yang beberapa waktu lalu dilakukan di sekitar kantor," ungkapnya.

Sementara itu Humaidi, takmir Mushola Al Husna menyampaikan rasa syukur atas bantuan yang disalurkan oleh Muhammadiyah melalui Lazismu. "Alhamdulillah dengan adanya bantuan Muhammadiyah melalui Lazismu ini jamaah mushola menjadi lebih bersemangat dalam menjalankan ibadah, karena sebelumnya kondisi ruangan mushola pengap dan panas," ujarnya.

Humaidi melanjutkan, pihaknya mewakili jamaah juga mengucapkan terima kasih kepada Lazismu. "Kami mewakili jamaah mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada para donatur yang menyalurkan infak terbaiknya kepada Lazismu sehingga bisa dibantu melalui program Masjid Tangguh berupa dua buah kipas angin turbo," tutupnya.

[PR Lazismu PP Muhammadiyah/Muhammad Nashir]