RAIH HAFALAN AL-QUR'AN TERTINGGI, PENERIMA BEASISWA MENTARI LAZISMU BERSINAR DALAM WISUDA TAHFIDZ

Ditulis oleh Doddy
19:56, 11/06/2022
Cover RAIH HAFALAN AL-QUR'AN TERTINGGI, PENERIMA BEASISWA MENTARI LAZISMU BERSINAR DALAM WISUDA TAHFIDZ
KOTA BANJARBARU -- Rasa bangga turut dirasakan oleh Lazismu Kota Banjarbaru. Salah satu penerima manfaat program Beasiswa Mentari Lazismu Kota Banjarbaru berhasil meraih hafalan Al-Qur'an tertinggi pada kegiatan Pengukuhan Siswa Kelas IX dan Wisuda Tahfidz SMP Muhammadiyah 1 Kota Banjarbaru. Acara ini berlangsung di Ballroom Grand Dafam Q Hotel Banjarbaru, dihadiri oleh Wakil Wali Kota Banjarbaru serta jajaran Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM), Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA), pengurus Lazismu, Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia, serta Kepala Sekolah dan Dewan Guru Sekolah Muhammadiyah yang ada di Kota Banjarbaru.

Wakil Wali Kota Banjarbaru, Wartono mengucapkan selamat sekaligus rasa bangga kepada para siswa yang diwisuda dan dikukuhkan. Ia pun memberikan apresiasi kepada para pendidik di lingkungan SMP Muhammadiyah 1 Kota Banjarbaru. "Kepada para guru, pembimbing, dan para ustadz atas dedikasi, kesabaran, dan keikhlasannya dalam proses pembelajaran, sehingga berhasil mewisuda para murid hari ini. Semoga segala upaya dan dedikasi saudara-saudara dalam mendidik dan membina mental spiritual generasi penerus yang Islami dapat bernilai ibadah dan mendapat ganjaran yang setimpal dari Allah," ucapnya.

Manajer Lazismu Kota Banjarbaru, Tito Dwi Wirawan yang turut hadir pada acara yang berlangsung Sabtu (04/06) tersebut juga menyampaikan apreasiasinya kepada Alfian, penerima manfaat program Beasiswa Mentari yang berhasil meraih hafalan tertinggi. "Alhamdulillah kami turut berbangga dan mengucapkan selamat kepada ananda Alfian yang telah meraih prestasi hafalan tertinggi yaitu hafalan 12 juz," ujarnya.

Tito juga menerangkan, Alfian nanti secara khusus akan terus menjadi binaan dari Muhammadiyah melalui bantuan biaya pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Rencananya, Lazismu Kota Banjarbaru akan memfasilisi Alfian untuk melanjutkan pendidikannya ke SMA Muhammadiyah Boarding School (MBS) Banjarbaru yang memiliki program khusus untuk menghafal Al-Qur'an.

"Setelah mengetahui prestasi ananda Alfian dan kami telah meninjau langsung bahwa Ananda Alfian memiliki kelebihan untuk menghafal ayat-ayat Al-Qur'an dengan cepat dan baik, sehingga kami merasa bangga dan bersyukur memiliki kader dengan prestasi tersebut. Rencananya akan kami bantu lagi untuk melanjutkan studi lanjutnya ke SMA MBS Banjarbaru karena di sana juga memiliki program khusus untuk fokus menghafal Al-Qur'an secara intensif dan kami harapkan setelah lulus dari MBS ananda Alfian dapat menyelesaikan hafalannya menjadi 30 juz," terang Tito.

Sementara itu Radli Kurniawan, Kepala SMP Muhammadiyah 1 Kota Banjarbaru menyampaikan bahwa kerja sama yang dijalin pihaknya dengan Lazismu ini merupakan komitmen bersama untuk meningkatkan kualitas kader melalui beberapa program. "Adanya prestasi yang diraih Alfian tentu tidak terlepas dari kerja sama yang baik dengan Lazismu. Beberapa siswa yang menerima beasiswa dari Lazismu sudah menunjukkan kualitas kemampuan hafalan yang sudah mencapai target," ungkapnya.

Menurut Radli, keberhasilan para penerima beasiswa dalam menghafal Al-Qur'an merupakan bentuk pelaksanaan amanah yang diberikan melalui program Beasiswa Mentari Lazismu. Ia pun berharap, ilmu yang didapat dapat memberikan manfaat bagi umat. "Amanah yang diberikan dalam bentuk beasiswa sudah dijalankan anak-anak tersebut sebagai bekal mereka dan dapat memberikan manfaat atau ilmunya nanti untuk umat. Karena setelah lulus dan keluar dari SMP mereka tetap berkomitmen untuk mempertahankan dan meningkatkan hafalan serta menerapkannya," tambahnya.

Penyaluran program Beasiswa Mentari yang berada di bawah Pilar Pendidikan ini gencar dilakukan Lazismu Kota Banjarbaru. Tercatat ada beberapa penerima manfaat yang sedang maupun telah menyelesaikan pendidikan, saat ini kebanyakan dari mereka telah lulus dari beberapa Pondok Pesantren Muhammadiyah yang berada di luar Kalimantan.

[PR Lazismu PP Muhammadiyah/Muhammad Nashir]