Rayakan Tahun Baru Islam, Lazismu Gelar Muharram Unlimited

Ditulis oleh berita
10:25, 21/08/2021
Cover Rayakan Tahun Baru Islam, Lazismu Gelar Muharram Unlimited
KEBUMEN - Umat Islam di seluruh dunia baru saja selesai merayakan tahun baru Islam 1 Muharram 1443 H yang bertepatan pada tanggal 10 Agustus 2021. Salah satu perayaan bulan Muharram dilaksanakan oleh Lazismu Kebumen.

Di bulan ini, Lazismu Kebumen menggelar Program Muharram Tanpa Batas dengan tagline #SaatnyaKitaAmbilPeran. Program yang dikenal dengan Muharram Unlimited tersebut berisi 6 kegiatan utama, antara lain Kacamata untuk Yatim, Makan Bersama Anak Yatim, Yatim Juara, Kado Yatim, Tebar Alquran, dan Khasanah (Khitanan Santri Penuh Berkah). Selain itu juga ada program lain seperti Gratis Potong Rambut untuk Yatim dan Mustahik, dan Imun Booster, pemberian paket untuk pasien isoman.

Direktur Lazismu Kebumen Hasbillah Rifai menyebut bahwa Muharram Unlimited adalah kegiatan yang menjadi primadona bagi para donatur di masyarakat Kebumen. Di bulan Muharram, banyak muzakki yang ingin menyisihkan rezekinya untuk anak yatim. Pihaknya menargetkan mampu menyantuni 1000 anak yatim dan dhuafa.

"Ini alhamdulillah sudah ada kurang lebih 500 yang mendapatkan santunan. Hari ini kita bagi kacamata gratis untuk anak yatim," ujarnya ketika dihubungi lazismu.org.

Dalam pelaksanaannya, Lazismu Kebumen bekerja sama dengan berbagai pihak. Antara lain Kepala Desa terkait, Dinas Perhutani Kab Kebumen, Perkumpulan Guru PAI Kebumen, dan lain-lain. Ke depan, Lazismu Kebumen menurut keterangan Hasbillah Rifai juga akan bekerja sama dengan Polres Kebumen. Sebelumnya, Lazismu Kebumen telah bekerja sama dengan kepolisian dalam menyalurkan kursi roda untuk difabel melalui Polsek Sruweng, Kebumen.

Hasbillah menyebut bahwa Muharram Unlimited menyasar seluruh panti asuhan di Kebumen. Selain anak-anak yatim di panti asuhan, pihaknya juga menyasar anak-anak yatim dan dhuafa di luar panti asuhan.

"Nanti kita salurkan ke seluruh panti asuhan di Kebumen. Baik panti asuhan milik Muhammadiyah/Aisyiyah maupun di luar Muhammadiyah/Aisyiyah. Selain itu, yang daftar di luar panti juga banyak sekali. Target kita 1000. Semoga bisa tercapai," imbuhnya.

Kegiatan Muharram Unlimited telah dimulai sejak Muharram 1442 H di tahun 2020 M. Hasbillah berharap kegiatan tersebut akan menjadi program rutin yang dilaksanakan setiap tahun. Pasalnya, menurut Hasbillah, banyak masyarakat yang gemar menyisihkan rezekinya di bulan Muharram.

"Penghimpunan zakat, infak, dan sedekah di beberapa KL kami itu yang paling besar didapatkan di bulan Muharram. Maka kita harus bijak mengelola amanah dari para muzakki," tutup Hasbillah.

Reporter: Yusuf