Rendangmu Lazismu Tersalurkan ke Pelosok Kalimantan

Ditulis oleh berita
14:35, 30/09/2021
Cover Rendangmu Lazismu Tersalurkan ke Pelosok Kalimantan
KATINGAN - Selepas bencana banjir yang menimpa Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah beberapa pekan yang lalu, Lazismu Kalimantan Tengah (Kalteng) kembali menyalurkan bantuan logistik berupa kemasan siap saji, yaitu Rendangmu dan Kornetmu. Olahan daging kurban bantuan dari Lazismu Jawa Timur itu disalurkan kepada warga Muhammadiyah yang terdampak banjir di pelosok Katingan, tepatnya di Desa Samba Danum, Kecamatan Katingan Tengah dan Desa Tumbang Sanamang Kecamatan Katingan Hulu, Selasa (28/9).

Direktur Lazismu Kalimantan Tengah, Kurniawan, S.Pd menceritakan perjalanan panjang menuju Desa Tumbang Sanamang. Menurutnya, untuk sampai ke Desa Tumbang Sanamang, perjalanan panjang Relawan Muhammadiyah Kalimantan Tengah dari pusat Kota Palangka Raya menghabiskan waktu setidaknya 12-14 jam perjalanan.

"Tim berangkat dari Kantor Sekretariat PWM Kalimantan Tengah pada pukul 20.00 WIB, Ahad malam (26/9/2021). Setelah satu malam transit di Masjid Nurul Iman PDM Kabupaten Katingan, Relawan Muhammadiyah Kalteng bersama Relawan Muhammadiyah Katingan kembali melanjutkan perjalanan menuju tujuan dengan menggunakan lima kendaraan roda empat pada pukul 08.00 WIB, Senin pagi (27/9/2021),” paparnya.

Sekitar pukul 10.00 WIB, tim tiba di lokasi pertama di Desa Samba Danum, tepatnya di Perguruan Muhammadiyah Katingan Tengah. Kehadiran para relawan disambut suka cita oleh guru-guru di perguruan tersebut. Hal ini disampaikan oleh penerima manfaat dan sekaligus Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah Katingan Tengah, Dra. Mariani, M.Pd.

“Terimakasih kepada seluruh relawan dan donator yang hari ini sudah hadir ke sekolah kami, kami ini satu atap ada SMP, SMA dan SMK, mudah-mudahan dengan bantuan yang sampai ke daerah kami di Kalimantan Tengah pasca banjir ini menjadi berkah, semoga tetap semangat, tetap berkarya dan sekali lagi terimakasih kepada donator yang telah memberikan ini, terutama dari Lazismu Jawa Timur,” ucapnya.

Kemudian perjalanan dilanjutkan, memakan waktu yang lama karena harus melewati jalan tanah yang kondisinya becek dipenuhi lumpur pekat akibat hujan dan harus ekstra hati-hati karena jalan yang sangat licin. Sering kali kendaraan terhenti akibat lumpur pekat, namun dengan semangat juang yang tinggi para relawan bekerjasama meloloskan satu persatu kendaraan yang terjebak. Selain itu, karena akses jalan yang belum tersambung, tim harus menyeberangi beberapa anak sungai Katingan dengan menggunakan kapal feri dan mengarungi panjangnya sungai Katingan selama tiga jam.

Pukul 21.00 WIB, Senin malam, tim tiba di Desa Tumbang Sanamang. Keesokan harinya, Lazismu Kalteng menyalurkan RendangMu dan KornetMu Lazismu Jawa Timur kepada warga Muhammadiyah yang terdampak banjir di SMP Muhammadiyah Tumbang Sanamang, Selasa (28/9/2021).

“Alhamdulillah, kami sudah sampai di Tumbang Sanamang, tepatnya di SMP Muhammadiyah Tumbang Sanamang yang beberapa waktu lalu terendam banjir, kami menyampaikan bantuan dari donator, dari Jawa Timur dan Kalimantan Selatan, menyalurkan bantuan logistik kemasan siap saji, yaitu RendangMu dan KornetMu, terimakasih kami ucapkan kepada seluruh donator,” tutur Kurniawan.

Senada dengan Kurniawan, Kepala Kelurahan Tumbang Sanamang, Osriadi yang turut hadir dalam penyaluran bantuan tersebut mengapresiasi atas apa yang dilaksanakan oleh Persyarikatan Muhammadiyah.

“Saya sangat bersyukur dengan hadirnya bantuan dari PDM Katingan dan PWM Kalteng, dan saya juga berterimakasih kepada pengurus Muhammadiyah Tumbang Sanamang, bantuan banjir dari pengurus Muhammadiyah ini sangat berarti sekali bagi masyarakat yang sedang membutuhkan, kami menyadari bahwa kelurahan sangat keterbatasan dalam hal ini, atas nama Kelurahan Tumbang Sanamang menyampaikan ucapan terimakasih sebesar-besarnya atas bantuan yang datang dari kabupaten dan provinsi,” ujarnya.

Hal itu disampaikan juga oleh Ketua Lazismu Katingan yang ikut dalam bagian tim, Muhammad Samsuwidarta.

“Kami dari Lazismu Katingan mengucapkan terimakasih atas RendangMu dan KornetMu yang telah disalurkan melalui Lazismu kalteng, dan atas nama PDM Katingan mengucapkan terimakasih semoga ini menjadi berkah,” tukasnya.

Sementara itu Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Katingan Hulu, Zaenal Abidin menyampaikan bahwa bantuan tersebut akan disalurkan kembali kepada masyarakat yang benar-benar membutuhkan.

“Kami akan menyalurkan bantuan ini untuk warga Muhammadiyah yang terdampak banjir, dan terkhusus untuk orang tua yang menyekolahkan anak-anaknya di SMP Muhammadiyah ini, dan selebihnya akan kami salurkan kepada warga Muhammadiyah lainnya,” tuturnya.

Turut hadir juga dalam kegiatan tersebut, Kapolsek Tumbang Sanamang Sugeng, Sekretaris PDM Katingan Sardini U Budin, S.Hut., Bendahara PDM Katingan Ihwansyah, S.Ag., Ketua MDMC Katingan Norhanjoyo EKo Saputro, Pengurur Ortom Muhammadiyah Katingan, Guru-guru SMP Muhammadiyah Tumbang Sanamang dan warga Muhammadiyah.

Sebelumnya PWM Jawa Timur memberikan bantuan untuk penanggulangan bencana banjir di Kalimantan Tengah sebesar 50 juta rupiah, Lazismu Jawa Timur menyalurkan donasi sebesar 25 juta rupiah dan bantuan logisitik berupa RendangMu & Kornetmu. Selain itu donasi dari Lazismu Kalsel sebesar 10 juta rupiah. Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Sekretaris PWM Jawa Timur, Ir. Tamhid Masyhudi dan Ketua Lazismu Jawa Timur, Drh. Zainul Muslimin, Manajer Regional Lazismu Wilayah Kalimantan Selatan, Abdullah Sani dan diterima oleh Ketua PWM Kalteng Dr. H. Ahmad Syar’I, M.Pd., didampingi oleh Ketua Lazismu Kalteng Drs. H. Anshari Sapri yang selanjutnya diserahterimakan ke Lazismu Kalteng, Kamis (23/9/2021).