Respon Banjir Kalteng, Muhammadiyah Pulang Pisau Dirikan Poskor

Ditulis oleh berita
07:40, 10/09/2021
Cover Respon Banjir Kalteng, Muhammadiyah Pulang Pisau Dirikan Poskor
PULANG PISAU - Merespon banjir yang terjadi di beberapa daerah di Kalimantan Tengah, relawan Muhammadiyah Pulang Pisau, Kalimantan Tengah mendirikan Pos Koordinasi Peduli Banijr dan melakukan penggalangan donasi di Jl. Lintas Kalimantan, Simpang Bundaran Belah, depan Masjid KH Ahmad Dahlan Pulang Pisau, Rabu (8/9).

Melalui gerakan One Muhammadiyah One Response (OMOR), Poskor tersebut didirikan sebagai sarana masyarakat yang ingin berdonasi dan menyalurkan bantuan bagi korban banjir di Katingan, Kotawaringin Timur, Kotawaringin Barat, Murung Raya, dan beberapa daerah lain. Galang dana tersebut dikoordinasikan oleh Lazismu Pulang Pisau.

Menurut laporan dari tim Lazismu-MDMC Kalimantan Tengah yang ada di lokasi banjir, saat ini kebutuhan mendesak yang sangat diperlukan oleh warga terdampak banjir adalah sembako, minuman, makanan siap saji, obat-obatan, pakaian dan selimut, masker, serta hygiene kit.

Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Pulang Pisau melalui Sekretaris PDM Rudi Purwadi S.Sos mengatakan bahwa bencana ini menjadi urusan bersama. Baik pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat. Menurutnya, gerakan One Muhammadiyah One Response merupakan cara strategis untuk koordinasi lintas ortom dalam memberikan bantuan.

"Pengambilan keputusan yang cepat dalam kondisi darurat akan banyak membantu masyarakat yang terdampak bencana. Kami harap poskor dapat mengelola dan mendistribusikan bantuan secara tepat sasaran dan terdokumentasikan dengan baik," ujar Rudi.

Rudi menambahkan, dengan adanya Poskor Muhammadiyah Pulang Pisau, hal tersebut dapat menjembatani relawan-relawan lainnya agar terkoordinasi dalam pendistribusian dari Pulang Pisau ke daerah tujuan dengan efisien.

"Terima kasih kepada masyarakat ataupun lembaga yang telah berdonasi melalu Muhammadiyah. Semoga Allah meridhoi niat baik kita, dan tetap semangat buat para relawan, semoga bencana ini segera berakhir," ujarnya.

Penggalangan donasi melibatkan seluruh ortom persyarikatan seperti Aisyiyah, Pemuda Muhammadiyah, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, Tapak Suci, MDMC, KOKAM, dan beberapa relawan Muhammadiyah yang dilakukan dengan turun ke jalan dan menjemput donasi

Poskor Muhammadiyah melayani warga masyarakat yang ingin menitipkan donasinya dalam bentuk tunai maupun barang seperti mie instan, selimut, pampers, makanan bayi dan makanan lainnya. Hasil donasi.akan disalurkan melalui Lazismu Pulang Pisau untuk disampaikan ke Lazismu Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalimantan Tengah.

Bagi Masyarakat yang ingin berdonasi dapat melalui Rekening Bank BNI 0715772512 atas nama Lazismu Pulang Pisau. Bisa juga melalui aplikasi pembayaran digital dengan memindai barcode QRIS Lazismu Pulang Pisau, atau datang langsung ke Poskor Peduli Bencana di halaman Masjid KH Ahmad Dahlan, Jl. Lintas kalimantan, Simpang Bundaran Belah, Kahayan Hilir, Pulang Pisau, Kalimantan Tengah.

(Bonni/Yusuf)