RESPONS CEPAT GEMPA CIANJUR, LAZISMU KIRIMKAN LOGISTIK

Ditulis oleh Doddy
11:16, 28/11/2022
Cover RESPONS CEPAT GEMPA CIANJUR, LAZISMU KIRIMKAN LOGISTIK
KOTA BANDUNG -- Gempa yang melanda Kabupaten Cianjur dan sekitarnya menyita empati publik. Masyarakat dan berbagai lembaga terjun membantu dengan mengirimkan bantuan, tak terkecuali Lazismu Wilayah Jawa Timur. Pasca turut serta dalam perhelatan Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah ke-48 di Kota Surakarta, Lazismu Wilayah Jawa Timur bergerak merespons kejadian gempa bumi di Kabupaten Cianjur dengan pengiriman bantuan logistik.

Paket bantuan logistik diberangkatkan pada Selasa (22/11) siang langsung dari Gedung Kemanusiaan Lazismu Wilayah Jawa Timur di Jalan Jawa Nomor 5, Buduran, Kabupaten Sidoarjo. Setelah menempuh perjalanan selama sekitar 12 jam, bantuan yang diangkut dengan mobil Rescue Muhammadiyah Jawa Timur ini tiba di kantor Lazismu Wilayah Jawa Barat yang terletak di Kompleks Masjid Mujahidin, Jalan Sancang, Kota Bandung. Bantuan ini kemudian diserahkan langsung oleh Ketua Lazismu Wilayah Jawa Timur drh. Zainul Muslimin kepada Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Barat, K.H. Suhada yang didampingi oleh para pengurus Lazismu Wilayah Jawa Barat.

Ketua Lazismu Wilayah Jawa Timur drh. Zainul Muslimin menyampaikan bahwa bantuan yang disalurkan dengan cepat ini harapannya adalah agar manfaatnya juga dapat segera dirasakan oleh para penyintas. Bantuan ini akan ditempatkan di kantor Lazismu Wilayah Jawa Barat. Penyaluran bantuan pun sepenuhnya diserahkan kepada Lazismu Wilayah Jawa Barat.

"Mudah-mudahan dengan cepat kita merespons, manfaatnya juga akan lebih cepat dirasakan oleh saudara-saudara kita di Cianjur. Alhamdulillah semuanya akan dikoordinasikan oleh Lazismu Jawa Barat untuk langsung disalurkan ke Cianjur. Alhamdulillah juga teman-teman sudah ada pos pelayanan di Cianjur dan saya kira ini memang butuh waktu panjang. Oleh karena itu semuanya akan kita stok di Pos Koordinasi Bencana Gempa Cianjur di kantor Lazismu Jawa Barat," ujar Zainul.

Zainul kemudian mengucapkan terima kasih dan mengajak kepada seluruh masyarakat untuk turut membantu mereka yang terdampak gempa di Kabuapaten Cianjur. "Alhamdulillah terima kasih, bahkan bapak Ketua PWM Jawa Barat juga hadir menerima donasi dari donatur yang dititipkan kepada Lazismu Jawa Timur. Sekali terima kasih, untuk seluruh masyarakat Indonesia mari kita dukung saudara-saudara kita yang tertimpa gempa di Cianjur," ajaknya.

Muhammadiyah Wilayah Jawa Timur melalui Lazismu Wilayah Jawa Timur mengirimkan bantuan logistik pada tahap awal ini senilai 160 juta rupiah. Bantuan itu terdiri dari sembako, alat kebersihan, dan alat keperluan keluarga senilai 110 juta rupiah. Selain itu ada pula RendangMu, KornetMu, OporMu, Mie Helti dan Air Minum yang merupakan produk donasi Lazismu Wilayah Jawa Timur senilai 50 juta rupiah, sehingga total bantuan senilah 160 juta rupiah.

[Kelembagaan dan Humas Lazismu PP Muhammadiyah/Aditio Yudono]