SATU DINAR UNTUK BERQURBAN?

Ditulis oleh Fathin
14:45, 15/06/2022
Cover SATU DINAR UNTUK BERQURBAN?
Jakarta - Tahu tidak? Harga seekor kambing atau qurban selama 1443 tahun ternyata tidak pernah berubah. Seekor kambing atau domba selalu bisa ditebus dengan 1 Dinar emas.

Dinar emas adalah emas 22 karat dengan berat 4,25 gram. Coba cek harganya hari ini di beberapa situs jual beli mas. Di website Antam, hara jualnya Rp 3.422.257. Sedangkan harga belinya Rp 3.285.367.

Bandingkan dengan harga jual kambing atau domba qurban dari berbagai lembaga amil zakat saat ini. Paling murah seekor kambing dijual dengan harga Rp 1,9 jutaan. Paling mahal Rp 2,9 jutaan. =

Di Lazismu, dengan membayar Rp 2,8 juta, kambing atau domba qurban Anda malah sudah diolah menjadi rendang dan dikemas dalam kaleng atau pouch. Seekor domba bisa dibuat rendang sebanyak 30 kaleng atau 55 pouch. Lazismu akan membagikan sebagai menu makan anak-anak panti asuhan di Jakarta sepanjang tahun.

Jadi, kalau mau merencanakan tabungan qurban tahun lalu, ambil saja patokan harga 4 gram emas mulia 24 karat hari ini. Kalau ingin menabung 10 bulan, bagi saja harga emas itu dengan bilangan 10. 

Insya Allah, kalau tertib menabung, nilai akumulasinya tidak akan meleset. Tahun depan tabungan Anda cukup untuk membeli seekor kambing atau domba yang sehat dan memenuhi syarat qurban.

Penulis : Joko Intarto (BP Lazismu PP Muhammadiyah)