SOLUSI KESULITAN AIR SAAT KEMARAU, LAZISMU KABUPATEN BIREUEN BERIKAN BANTUAN SUMUR BOR

Ditulis oleh Doddy
22:02, 07/08/2022
Cover SOLUSI KESULITAN AIR SAAT KEMARAU, LAZISMU KABUPATEN BIREUEN BERIKAN BANTUAN SUMUR BOR
KABUPATEN BIREUEN -- Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Gandapura seringkali mengalami kesulitan air bersih. Saat kemarau, para santri bahkan harus memperoleh air dengan jarak yang cukup jauh. Terkadang mereka harus menumpang mandi di masjid terdekat. Melihat keadaan ini, Lazismu Kabupaten Bireuen menginisiasi penggalangan dana melalui kanal kitabisa untuk membuat sumur bor.

Bantuan sumur bor dan peralatan pendukung pun diserahkan pada Sabtu (30/07) di panti asuhan yang berada di Geurugok, Kecamatan Ganda Pura, Kabupaten Bireuen ini. Fajar Ardiansyah selaku Ketua Badan Pengurus Lazismu Kabupaten Bireuen menyebutkan, bantuan berupa sumur bor ini diserahkan secara langsung kepada pengelola panti asuhan.

Fajar menerangkan, panti asuhan tersebut merupakan milik persyarikatan Muhammadiyah. Mayoritas penghuninya adalah santri dan santriwati dari kalangan yatim serta dhuafa. Ia pun menuturkan, keadaan orang tua penghuni panti yang rata-rata berada di bawah dari sisi ekonomi ini menjadi dasar bagi Lazismu untuk memberikan bantuan. "Berdasarkan hal ini Lazismu memilih panti tersebut untuk memberikan bantuan sumur bor," terangnya.

Jika kemarau tiba, lanjut Fajar, air yang dipakai oleh para santri pun tidak dapat mencukupi "Karena sulit diperoleh disebabkan struktur tanah berkarang yang menyebabkan air tanah sulit ditemui. Santri harus mendapatkan air dengan jarak yang jauh ke tempat lain ataupun menumpang mandi di masjid terdekat," ungkapnya.

Fajar menambahkan, penghimpunan donasi untuk sumur bor dilakukan dengan menggandeng pihak kitabisa. Kini para santri pun tak perlu khawatir saat menghadapi musim kemarau. "Donasi sumur ini hasil kerjasama Lazismu Bireuen dengan pihak kitabisa.com. InsyaAllah Lazismu akan terus menyalurkan program sumur bor ini ke daerah yang sulit air. Alhamdulillah semua berjalan lancar dan santri bisa tersenyum bahagia jika musim kemarau," ujarnya.

Jafaruddin, salah satu pengurus Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Gandapura mengucapkan rasa syukur dan terima kasih atas bantuan sumur bor ini. "Alhamdulillah kami sudah menerima bantuan berupa sumur bor dan juga mesin air. Alhamdulillah ada kran untuk wudhu anak-anak kita semua, kami terima dari Lazismu Kabupaten Bireuen. Kami dari keluarga besar Panti Asuhan Anak Yatim Muhammadiyah Gandapura, Kabupaten Bireuen mengucapkan ribuan terima kasih dan juga doa kami kepada muhsinin, semoga Allah SWT membalas kebaikan kaum muhsinin dengan kebaikan yang lebih baik dan mulia," tutupnya.

[PR Lazismu PP Muhammadiyah/Fajar Ardiansyah]