SYIAR SOSIAL, LAZISMU GELAR KHITANAN MASSAL

Ditulis oleh Doddy
14:35, 15/07/2022
Cover SYIAR SOSIAL, LAZISMU GELAR KHITANAN MASSAL
KOTA BANJARBARU -- Khitanan massal kembali digelar oleh Lazismu Kota Banjarbaru. Kali ini, kegiatan ini berlangsung di Mushola Shilatul Arham, Kelurahan Sungai Besar, Kecamatan Banjarbaru Selatan, Kota Banjarbaru. Khitanan massal secara gratis ini merupakan bagian dari Pilar Kesehatan Lazismu melalui program Peduli Kesehatan yang bekerja sama dengan Pimpinan Ranting Muhammadiyah (PRM) Shilatul Arham yang menyasar anak-anak warga sekitar Kelurahan Sungai Besar.

Perwakilan PRM Shilatul Arham, Muhammad Andry Maulana sekaligus penanggung jawab kegiatan yang berlangsung pada Sabtu (25/06) ini menyampaikan bahwa acara yang digelar ini merupakan bentuk dari syiar dalam sosial. "Kegiatan yang dilaksanakan menjadi syiar menegakkan amar ma'ruf nahi mungkar di bidang sosial kemasyarakatan. Harapannya dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat sekitaran Kelurahan Sungai Besar," terangnya.

Andry menyampaikan, kegiatan yang akan dilaksanakan secara rutin ini berhasil mengkhitan 27 anak. Setiap anak mendapatkan bingkisan dari Lazismu Kota Banjarbaru. "Alhamdulillah, 27 anak berhasil dikhitan. Awalnya kami mendapatkan 29 telah terdaftar, namun 2 anak belum bisa dikhitan. Untuk anak yang berhasil dikhitan mendapatkan bingkisan dari Lazismu Banjarbaru serta uang tunai dari salah seorang donatur," jelasnya.

Peserta khitanan juga mendapatkan peralatan shalat dan tas sekolah dari Lazismu


Dihubungi secara terpisah, Tito Dwi Wirawan selaku Manajer Lazismu Kota Banjarbaru menyampaikan, dukungan yang diberikan kepada PRM Shilatul Arham dalam kegiatan ini merupakan bentuk kolaborasi untuk penyaluran dalam Pilar Kesehatan Lazismu. "Di Lazismu kita mempunyai Pilar Kesehatan dengan program Peduli Kesehatan. Melalui khitanan massal secara gratis ini kami merasa perlu untuk turut membantu," imbuhnya.

Tito menambahkan, untuk bantuan yang diserahkan Lazismu dalam mendukung kegiatan ini berupa peralatan shalat dan school kit. "Kami menyiapkan peralatan shalat berupa sarung, peci, baju muslim, dan tas sekolah. Semoga bantuan tersebut bisa bermanfaat untuk anak-anak," tambahnya.

Tenaga medis yang bertugas dalam khitanan tersebut dibantu oleh Rumah Sakit Islam Banjarmasin. Sedangkan untuk obat-obatan, kegiatan khitanan massal ini dibantu oleh Puskesmas Sungai Besar.

[PR Lazismu PP Muhammadiyah/Muhammad Nashir]