TUMBUHKAN PASAR MODAL SYARIAH, LAZISMU TERIMA SEDEKAH SAHAM MAHASISWA UMY

Ditulis oleh Doddy
20:07, 28/07/2022
Cover TUMBUHKAN PASAR MODAL SYARIAH, LAZISMU TERIMA SEDEKAH SAHAM MAHASISWA UMY
KOTA YOGYAKARTA -- Lazismu Wilayah DI Yogyakarta turut ambil bagian dalam acara Seremonial Sedekah Saham EAST di Garden Ballroom PT Eastparc Hotel Tbk di Jalan Laksda Adisucipto Km. 6,5, Catur Tunggal, Depok, Kabupaten Sleman. Acara yang berlangsung pada Senin (25/07) ini merupakan rangkaian perayaan 20th Anniversary Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Pada gelaran tersebut, KSPM FEB UMY menyerahkan sertifikat sedekah saham EAST kepada Lazismu.

Acara ini dihadiri oleh Muhammad Anwar Karim (Komisaris Utama PT Eastparc Hotel Tbk.), Edwin Jayandaru (Komisaris Independen PT Eastparc Hotel Tbk.), Eka Yuhendri (Wakil Sekretaris Badan Pengurus Lazismu DI Yogyakarta), Dyah Setyawati Dewanti (Wakil Dekan 1 FEB UMY), dan Irfan Noor Riza (Kepala Bursa Efek Indonesia Kantor Perwakilan Yogyakarta). Sebelumnya telah dilakukan penandatanganan MoU antara Lazismu Wilayah DI Yogyakarta dengan FAC Sekuritas Indonesia terkait zakat, infak, dan sedekah (ZIS) dalam bentuk saham.

Dyah Setyawati Dewanti selaku Wakil Dekan 1 FEB UMY menyampaikan bahwa sebelum penyerahan saham EAST kepada Lazismu, mahasiswa Program Studi Manajemen dan KSPM FEB UMY sudah diberikan pembekalan mengenai dasar-dasar investasi pasar modal. "Pembekalan dasar investasi tersebut berupa pengenalan pasar modal Indonesia dengan pemateri dari Bursa Efek Indonesia. Kemudian dilanjutkan dengan cara transaksi saham menggunakan aplikasi FAST milik FAC Sekuritas Indonesia," terangnya.

Dyah melanjutkan, setelah diberi pembekalan, 455 mahasiswa peserta pembekalan secara bersama-sama melakukan aktivasi transaksi perdana saham PT Eastparc Hotel Tbk. dengan kode perusahaan EAST. "Barulah kemudian dilanjutkan dengan menyedekahkan saham EAST tersebut ke pihak Lazismu DIY, sebagai badan amal," tambahnya.

Kepala Bursa Efek Indonesia Kantor Perwakilan Yogyakarta, Irfan Noor Riza memberikan apresiasinya kepada Lazismu Wilayah DI Yogyakarta atas inisiatif terhadap lembaga zakat untuk menerima dan mengelola ZIS saham. Menurutnya, hal ini akan terus menumbuhkan pasar modal syariah. "Menyambut baik dan semakin menumbuh kembangkan pasar modal syariah," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Sekretaris Badan Pengurus Lazismu DI Yogyakarta, Eka Yuhendri menyebutkan, gerakan sedekah saham ini merupakan hal yang positif. Kegiatan ini dapat menjadi ajang edukasi bagi berbagai pihak. "Gerakan sedekah saham yang dilakukan oleh teman-teman KSPM UMY melalui Lazismu DIY ini sesuatu yang sangat positif, memberi teladan dan dalam rangka edukasi, tentu dapat ditularkan kepada mahasiswa, dosen, investor, dan calon investor, bahkan masyarakat pada umumnya," ungkapnya.

Acara penyerahan simbolis sedekah saham dilakukan oleh KSPM FEB UMY melalui Dyah Setyawati kepada Eka Yuhendri mewakili Lazismu Wilayah DI Yogyakarta. ZIS saham yang diberikan oleh muzakki melalui Lazismu dikelola secara proporsional dan profesional. Proporsional tentu melihat apakah muzaki yang bersedekah itu mempunyai mustahik titipan ke Lazismu, jika ada tentu akan menjadi pertimbangan untuk dijadikan program penyaluran. Jika tidak ada mustahik titipan dari muzakki maka akan dikelola dan dimasukkan ke dalam 6 Pilar Program yang dimiliki oleh Lazismu.

[PR Lazismu PP Muhammadiyah/Rizal Firdaus]