PWM Jawa Tengah : Rendangmu, Solusi Ketahanan Pangan di Tengah Pandemi

Ditulis oleh berita
07:12, 30/06/2021
Cover PWM Jawa Tengah : Rendangmu, Solusi Ketahanan Pangan di Tengah Pandemi
SEMARANG - Pandemi covid-19 yang tak kunjung berakhir dan banyaknya warga yang harus melakukan isolasi mandiri membuat program Rendangmu yang diluncurkan oleh Lazismu menjadi penting. Kaleng Rendangmu hasil olahan daging qurban tersebut bisa dibagikan ke seluruh masyarakat yang terdampak pandemi, dalam jangka waktu yang lama.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris PWM Jawa Tengah, Wahyudi, Senin (28/6). Menurutnya, selain pandemi, Indonesia juga negara yang rawan bencana alam. Sehingga korban bencana harus dibantu dengan makanan yang awet seperti Kaleng Rendangmu.

"Pandemi ini tidak bisa kita prediksi kapan akan berakhir. Kita tidak tahu. Maka ketahanan pangan itu sangat penting. Program Rendangmu perlu ditata dengan baik," pesannya.

Ia menyebut PWM Jawa Tengah bersama Lazismu Jawa Tengah mentargetkan pengumpulan dana qurban hingga 4 miliar rupiah. Angka ini setara dengan sekitar 200 ekor sapi.

Wahyudi menjelaskan bahwa dengan Rendangmu, daging qurban tidak akan langsung habis dalam waktu tiga hari. Namun dapat dimanfaatkan hingga waktu dua tahun melalui program Rendangmu. Ia meminta seluruh warga Muhammadiyah mendukung program ini.

“Ini adalah salah satu alternatif untuk ketahanan pangan. Marilah kita sengkuyung secara bersama program Rendangmu. Kita bantu masyarakat dengan qurban melalui Lazismu. Ini bukan hanya kepentingan Muhammadiyah, tapi juga masyarakat umum untuk ketahanan pangan," imbuhnya.

Menurutnya, pengemasan daging Rendangmu dengan kaleng sangat higenis sehingga tidak ada bakteri. Berbeda ketika daging qurban dikemas dengan plastik sebagaimana yang dilakukan masyarakat pada umumnya. Ia menyebut Rendangmu akan sangat bermanfaat jika sewaktu-waktu terjadi bencana, baik bencana alam maupun non alam.

Hal yang sama disampaikan oleh Ketua PWM Jawa Tengah, KH. Drs. Tafsir, M.Ag. Tafsir, dalam launching Program Rendangmu (24/6) mengajak seluruh masyarakat, warga persyarikatan, dan AUM untuk ikut mensukseskan program qurban Rendangmu.

“Melalui qurban Rendangmu yang tahun ini memiliki target 4 M, saya mengajak seluruh masyarakat Jawa Tengah, warga persyarikatan dan AUM untuk ikut mensukseskan program ini. Karena produk ini tidak saja syar’i, tapi higienis dan humanis. Kemanfaatannya jauh lebih besar dibanding qurban yang biasa kita lakukan di masjid," ujarnya.

Reporter : Yusuf